Menu

SeputarKuliah

pengalaman pengalaman kuliah

header photo

Perkuliahan semester awal

Buat lo semuanya yang akan pada ingin masuk kuliah th. ini, tentu telah sempat dong merasakan jadi anak baru cocok kelas 7 SMP serta 10 SMA dahulu? Kebayang kan perasaan girang-girang penasaran, bercampur sama takut dikit, serta rada malu-malu kucing. Ada pula sich yang memang gak tau malu serta memang segera dapat akrab sama beberapa orang termasuk juga senior, tapi palingan jumlahnya tambah lebih dikit daripada yang malu-malu (in). Yuk lihat agen judi terpercaya!

Tapi ya, meskipun berkesan pahit serta getir, masa-masa di taun pertama kuliah itu nyediain banyak banget peluang buat lo buat berkembang, baik dengan intelektual ataupun dengan sosial. Seperti yang sempat gue katakan di tulisan gue mengenai langkah milih jurusan yang pas - kalau kuliah itu yaitu fasilitas buat lo ngembangin ketertarikan serta intelektualitas lo, agar nanti jadi bekal buat lo berkarya didalam orang-orang. Terlebih klo elo mujur dapat masuk ke perguruan tinggi yang memang populer berkwalitas ya, wah tentu akan sangat banyak yang dapat lo jadiin sumber buat ngembangin intelektualitas lo barusan. Apa saja sich emangnya yang dapat kita lakukan jadi anak baru di universitas?

ASIKNYA JADI MAHASISWA BARU

Nah, saat ini baru deh kita ulas bagaimana serunya kelak kehidupan kuliah lo di th. pertama lo jadi mahasiswa.. di point ini gua akan kupas dunia universitas jadi 3 tema, salah satunya seperti berikut :

1. Lingkungan sosial yang berlainan

Dari segalanya yang juga akan lo alami di th. pertama, sebenarnya topik besarnya hanya satu, yakni sistem ADAPTASI. Sering sistem penyesuaian ini dipandang jadi suatu hal yang nyusahin, karna kesannya lo mesti mencocokan diri sama lingkungan yang asing... walau sebenarnya jika saja lo dapat simak dari perspektif yang lain, sistem penyesuaian ini mungkin saja satu peluang buat lo untuk mempunyai paradigma yang baru yang lebih luas..

Satu hal yang paling merasa dari semuanya sistem penyesuaian yang butuh lo lewati yaitu perubahan lingkungan yang homogen jadi heterogen.. Tujuannya bagaimana? Jadi gini, demografi orang-orang di Indonesia itu begitu bermacam, mulai dari persebaran geografis yang terbagi dalam 18. 307 pulau, dengan ditempati oleh lebih dari 300 etnis/suku, serta berkomunikasi dengan 737 macam bhs daerah.. Hilang ingatan tidak tuch, bermacam banget kan..!!? Hanya saat ini gua bertanya deh ke lo, di lingkungan lo yang saat ini nih, emangnya lo dapat merasakan keberagaman Indonesia yang luas buangeet itu? Sangkaan gua sich beberapa besar jawaban lo " tidak " yaah.. Karna memang sayangnya nih, kondisi di Indonesia menuntut kita dengan tidak sadar untuk di besarkan di lingkungan yang homogen dari kecil hingga SMA. Dari kecil kita telah tumbuh dari budaya orang-orang yang sama, bhs daerah yang sama, nilai-nilai orang-orang yang sama, kawan-kawan dengan budaya yang sama, tetangga dengan pergaulan yang sama, dll..

2. Peluang paling baik buat ngasah ilmu

Cocok lo th. pertama di universitas, wah.. lo akan merasakan yang namanya NIKMATNYA BELAJAR di universitas (terlebih klo di jurusan yang memang lo minatin). Nikmat belajar yang gua maksud itu memang bener-bener belajar buat nuntut pengetahuan yah, bukanlah buat agar nilai bagus dalam ujian.. karna didunia kuliah, telah tidak zaman sekali lagi lo ngakalin nilai dengan nyontek, nanya masalah ulangan ke kelas samping, atau cari kisi-kisi masalah yang berada di ujian. Saat ini yaitu waktunya lo belajar buat bener-bener jadi EXPERT di bagian lo!

Memang nikmat belajarnya bagaimana sich? Bayangin ya, sampai kini ngerasa tidak sich jika sistem belajar lo di mata pelajaran apa pun itu dibatesin ilmunya sama buku bikin, catetan, atau apa yang keluar dari omongan guru... Nah didunia universitas, lo dapat gali pengetahuan di bagian yang lo senangi itu sebebas-bebasnya lewat cara yang mandiri. Dapat dari internet, buku-buku di perpus, on-line learning, dan diskusi sama dosen serta mahasiswa lain.

Jaman saat ini nih, lo akan ketinggal jika hanya belajar dari textbook atau catetan dari dosen doang... Lo mesti sadar jika saat ini terdapat beberapa banget akses lain yang dapat lo usahakan agar lo dapat bener-bener nikmati sistem belajar lo itu

3. Kembangin diri lo diluar konteks akademis

Jika kata pakar psikologi Erik H. Erikson, beberapa umur belasan sampai awal dua beberapa puluh itu termasuk juga kedalam rentang umur dimana orang tuch sekali lagi cari jati diri, terlebih jati diri sosial. Tujuannya apa nih? Tujuannya, di umur lo saat ini, manusia itu relatif aktif banget buat cari tau dianya itu siapa sich, serta apa sich peranan yang paling pas lo lakukan di tengahnya orang-orang..

Nah untuk temukan jati diri lo yang sebenarnya, tidak juga akan deh lo temuin itu semuanya di textbook kuliah maupun dengan belajar teori dimana juga. Jati diri lo juga akan dapat lo dapatkan ya di waktu lo berhubungan dengan jati diri lain di orang-orang, dengan kata lain hubungan sosial dalam lingkungan universitas! Jadi yang namanya kuliah itu sayang banget jika tidak lo gunakan buat meningkatkan diri lo dalam kekuatan bersosialisasi - baik itu arahnya untuk memperluas koneksi, cari teman seperjuangan yang miliki inspirasi yang sama, pemikiran yang sama, serta mungkin saja juga ambisi yang sama..

Untungnya nih, didunia universitas.. hubungan sosial yang dapat lo cobalah terdapat beberapa banget, mulai dari milih teman nongkrong yang pas, seru-seruan sama teman satu kost, curi-curi pandang sama senior/junior, diskusi pengetahuan sama professor, kenal sama satpam serta preman universitas, baik-baikin petugas admin di fakultas (jika SMA namanya tata usaha), ikut-ikutan club unit aktivitas mahasiswa (jika SMA namanya extra-curricular), sampai turut organisasi mahasiswa, baik yang resmi ataupun informal.

Jadi terdapat beberapa banget pilihan yang dapat lo tentukan untuk menggunakan saat perkuliahan lo terkecuali buat ngejar pengetahuan, mulai dari turut club debat, buat group musik, beberapa cobalah buat usaha, turut belajar politik di instansi kepresidenan mahasiswa, sampai ngejar prestasi dengan ikut-

Akhir narasi, kehidupan dimuka masa kuliah lo itu perlu banget buat nentuin kehidupan kuliah lo keseluruhannya. Maka dari itu, dimanfaatin deh tuch peluang yang luas yang lo dapetin dengan status jadi anak baru. Ok, selamat meniti persiapan ujian masuk PTN, semoga dapet jurusan yang lo ingin, Enjoy your first grade at college!

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.